Nonton TV Indonesia On-Line

Minggu, 09 November 2008

tutorial blog

Wicaksono Ndoro Kakung: Berupaya Menggandeng Komunitas Blogger yang Lebih Luas

PESTA Blogger 2008 dan peringatan tahun kedua Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2008, sudah kian dekat. Salah satu sosok yang pasti akan sangat sibuk dalam perhelatan akbar blogger Indonesia itu adalah, Wicaksono atau akrab dipanggil dengan nama Ndoro Kakung (sesuai nama blognya), yang menjadi Chairman Pesta Blogger 2008.

Melalui rubrikkolom blogyang terbit setiap hari Jum'at di Koran Tempo, pria kelahiran Yogyakarta 43 tahun silam dan berdomisili di Tangerang, Banten ini kerap membagi pandangan dan pendapatnya tentang berbagai fenomena menarik tentang aktivitas ngeblog.

Melalui email, blogger yang mengaku rajin mengunjungi banyak blog melalui RSS Feed dan memang mengaku hobby ngeblog ini menjawab beberapa pertanyaan kami seputar Pesta Blogger 2008.


Berikut Petikannya:

Bisa Anda ceritakan pengalaman awal dan menarik saat pertama kali ngeblog? Apa motivasi Anda membuat blog?

tamu Awalnya, saya ngeblog untuk mendokumentasikan apa saja, foto, tulisan, berita. Lama-lama, saya pikir asyik juga ngeblog itu. Kita bisa berbagi dengan orang lain, menularkan pengetahuan dan ilmu. Setelah lama ngeblog, saya juga menemukan sisi lain. Blog ternyata bisa dijadikan tempat eksperimen sosial. Kita bisa mengetes trend, isu urban, opini publik, dan sebagainya.

Sebagai Chairman Pesta Blogger 2008, apa yang menjadi tantangan terbesar Anda dalam memimpin dan mengelola kegiatan ini dan bagaimana menyiasatinya?

Tantangan terbesarnya menggandeng komunitas blogger yang lebih luas ketimbang acara tahun lalu. Saya juga ingin mendorong lebih banyak komunitas yang terlibat dalam acara ini. Tentu saja ini tak mudah karena kepentingan, minat, dan kemampuan komunitas sangat variatif. Untuk menggandeng mereka diperlukan komunikasi. Kita mesti silaturahmi. Bertanya kiri dan kanan. Cara ini mungkin masih kurang.Tapi setidaknya layak dicoba.


Apa tema dan target utama yang diusung dalam perhelatan akbar blogger Indonesia kali ini? Mohon dijelaskan

Tema Pesta Blogger 2008 adalah Blogging for Society. Kami ingin mengajak para blogger di seluruh Indonesia untuk lebih peduli pada lingkungan sekitar, yang terdekat, melalui pelbagai aktivitas yang nyata. Target tercapai seandainya ada yang mendukung dan melaksanakan tema itu dan memberi sumbangan nyata pada masyarakat.


Apa hal-hal menarik yang akan menjadi 'pembeda' antara Pesta Blogger 2007 dan Pesta Blogger 2008?

Informasi lebih lengkap bisa dibaca di blog Pesta Blogger


Bagaimana Anda melihat perkembangan dunia blog di Indonesia serta apa implikasi pelaksanaan Pesta Blogger terhadap upaya sosialisasi blog di Indonesia?

tamu Blog makin populer dan memasyarakat. Buktinya, jumlah blog dan blogger bertambah terus setiap hari. Kita bisa lihat datanya di penyedia jasa hosting blog, seperti Dagdigdug, BlogDetik, Blogspot, atau Wordpress.Ini trend yang bagus. Makin banyak orang membuat blog, makin banyak content lokal, berarti makin banyak pilihan informasi. Publik makin
kenal pluralitas yang ditawarkan blog. Makin kenal aneka macam informasi. Pemilik blog pun kian terasah kemampuannya untuk menulis dan menerbitkan gagasan, pendapat, dan pemikiran lewat blog. Indonesia saya kira makin baik seandainya kebebasan berpendapat dan mendapatkan informasi menemukan jalan lewat blog. Perkembangan ini juga bagus bagi
pelaksanaan Pesta Blogger. Kita berharap jumlah blogger yang berpartisipasi makin banyak.


Apa harapan Anda dalam menyongsong penyelenggaraan Pesta Blogger 2008 nanti kepada seluruh blogger Indonesia?

Saya berharap para blogger memanfaatkan momen Pesta Blogger sebagai awal dan pemicu untuk aktivitas yang lebih luas dan nyata sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh publik


Apa tanggapan dan kesan Anda terhadap Komunitas Blogger Blogfam serta Majalah Online bz! Blogfam ini?

Blogfam adalah komunitas raksasa yang sangat atraktif dan bermanfaat bagi para blogger. Dia menjadi tempat, sarana komunikasi antarblogger. Majalah Online bz!Blogfam mewarnai perkembangan citizen journalism di Indonesia.

Tidak ada komentar: